Senin, 12 Oktober 2015

Inilah Tips Menjawab Pertanyaan saat wawancara dengan benar 2015

 Tips Menjawab Pertanyaan saat wawancara dengan benar

Tips Menjawab Pertanyaan saat wawancara dengan benar


Tips Wawancara Kerja -   jika anda ingin mendapatkan sebuah perkerjaan yang sesuai sesuai dengan minat dan juga kemampuan yang anda miliki, untuk itu anda benar-benar harus mempersiapkan diri anda terlebih dahulu. Semua dimulai dari tahapan mencari informasi perusahaan yang terkait dengan lowongan pekerjaan , terutama yang berkaitan erat dengan tekni wawancara kerja atau mungkin interview kerja.

Tips Menjawab Pertanyaan saat wawancara dengan benar 2015

Yang perlu anda semua ketahui, interview kerja atau yang biasa dikatakan wawancara kerja adalah salah satu hal yang sangat penting yang harus anda pahami. Jangan sampai anda menjawab dengan salah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pihak perusahaan / pewawancara, karena apabila itu terjadi biarpun kesalahan hanya sedikit dalam menjawab pertanyaan saaat wawancara kerja, maka akan berakibat fatal, bisa jadi kita tidak akan lolos dari interview kerja anda..

Untuk itu kami akan memberikah beberapa contoh pertanyaan dalam wawancara kerja dan juga lengkap dengan jwaban yang tepat yang bisa dijatikan referensi anda disaat akan melakukan interview atau wawancara kerja . langsung saja simak:

1.    Ceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan seperti ini pasti akan sering muncul ketika anda sedang menjalani interview ataupun wawancara kerja. Untuk itu anda harus mempersiapkan jawaban yang tepat,

Beberapa jawaban yang harus anda persiapkan adalah berkaitan dengan :

  •  Keahlian atau kemampuan anda pada bidang pekerjaan anda sebelumnya 
  • Anda juga bisa membicarakan tentang karir anda, prestasi yang pernah anda dapatkan, hobi bahkan aktivitas terakhir yang tengah anda jalani

2.    Apa Alasan anda Berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Untuk pertanyaan ini anda harus menjawab pertanyaan ini dengan positif. Jangan pernah menceritakan masalah anda walaupun anda berhenti di perusahaan anda bekerja sebelumnya karena ada masalah dengan perusahaan ataupun rekan kerja anda di perusahaan. Anda cukup mengatakan jika anda saat ini ingin mencari kesempatan kerja yang lebih baik atau peluang untuk melakukan sesuatu yang istimewa dalam karir anda.

3.    Apakah anda menganggap diri anda sukses?

Apabila saat wawancara kerja anda diberikan pertanyaan seperti ini, maka jawablah dengan yakin dan antusias  kata”IYA” . Anda bisa menjelaskan yang terkait dengan keberhasilan yang pernah anda capai dalam kehidupan anda terutama dalam bidang karir.


4. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?
Pertanyaan yang seperti ini akan bisa anda jawab dengan mudah apabila sebelumnya anda melakukan penelitian atau mencari tahu tentang perusahaan tempat anda akan melakukan interview kerja. Anda bisa memberikan jawaban yang juga berkaitan dengan aktivitas perusahaan tempat anda wawancara, missal anda memberikan jawaban berkaitan dengan produk yang dijual atau system pemasaran dari perusahaan yang anda lamar tersebut.

5. Kenapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan kami?

Saat anda mendapatkan pertanyaan seperti ini silahkan anda berikan jawaban yang terkait dengan beragam kegiatan anda dalam hal positif yang telah anda lalukan akan tetapi tetap berhubungan dengan dunia karir.

6. Apa yang telah anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan anda dalam waktu terakhir ini?

Warning !! ketika anda diberikan pertanyaan ini maka anda benar-benar harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan ini,  karena ketika anda menjawab pertanyaan tersebut anda memerlukan pengetahuan yang terkait perusahaan serta karir dalam jangka panjang yang ingin anda raih.

7. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan?

Dalam pertanyaan ini memang terlihat sangatlah mudah , namun sulit untuk anda menjawabnya. Karena sangat sensitif. Untuk itu anda tidak perlu menjawab pertanyaan ini cukup tersenyum serta mengatakan, : Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang cukup sulit bagi saya, namun apakah bapak/ibu tidak keberatan untuk menjelaskan kisaran gaji untuk posisi ini?”  biasanya pihak perusahaan akan memberikan rentang gaji yang telah anda tanyakan, jika tidak, anda bisa bertanya balik mengenail detail pekerjaan yang akan anda jalani serta tanggung jawabnya, setelah itu anda baru bisa memperkirakan gaji yang anda harapkan serta mempertimbangkan tunjangan-tunjangan lain yang anda butuhkan. Itu hanya untuk mengira-ngira saja, jadi untuk itu anda harus terlebih dahulu mencari tahu kisaran gaji untuk posisi yang anda lamar.

8. Jika anda diterima, berapa lama anda ingin bergabung dengan perusahaan kami?

Untuk pertanyaan ini jawablah dengan jawaban yang tidak terlalu spesifik.  Anda bisa menjawab dengan kalimat “ saya ingin selama mungkin bekerja disini dengan catatan perusahaan puas dengan hasil kerja saya” .

9. Kenapa Perusahaan Kami harus memperkerjakan anda?
Jika anda diberikan pertanyaan ini anda bisa menjelaskan keahlian atau kemampuan yang anda miliki ,  akan tetapi berikan jawaban yang masih berkaitan dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang anda lamar. Dan yang terpenting jangan pernah membandingkan kemampuan anda dengan kemampuan kandidat pelamar kerja lainnya.

10. Apa kelebihan anda?
Dalam pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang sangat luas tetapi tetap focus. Missal anda memiliki kelebihan dalam kemampuan anda saat memecahkan permasalahan, kemampuan memimpin, perilaku positif anda, kesanggupan anda bekerja dibawah tekanan ataupun dalam tim.

11. Apa kelemahan anda?
Jangan pernah menjawab pertanyaan ini yang menunjukkan bahwa anda orang yang malas dan sulit untuk bangun pagi. Jawab saja dengan diplomatis , seperti “ Saya kurang percaya diri jika berbicara dihadapan orang banyak, akan tetapi anda sedang mengatasi hal tersebut karena menurut saya ini sangat berkaitan dengan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hali ini” Atau Anda bisa menjawab”  saying kurang bisa bekerja sendiri, jadi saya membutuhkan teamwork yang solid. Yang terpenting setelah anda mengatakan kelemahan anda, sertakan usaha yang akan anda lakukan mengatasi kelemahan anda tersebut.

12. Apakah Anda bersedia kerja lembur kapan saja jika diperlukan?
Jawaban ini sebenarnya sama halnya anda mempertanyakan diri anda sendiri, jadi untuk menjawab ini anda harus menjawab pertanyaan ini sejujur mungkin dan tidak lupa diberikan alas an yang tepat terkait jawaban yang anda berikan.


Inilah beberapa tips menjawab pertanyaan saat wawancaran dengan benar, semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua yang mengalami minder , ragu-ragu atau bingung saat akan melakukan interview kerja. Baca Juga Mengenai Info Lowongan Kerja Terbaru 2015




Search : tips interview kerja,tips interview yang baik,tipsinterview hrd,tips interview pekerjaan

Artikel Terkait

Inilah Tips Menjawab Pertanyaan saat wawancara dengan benar 2015
4/ 5
Oleh Unknown

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email